Sedikit Tentang Pengertian Jibab

    sity julaiha
    By sity julaiha
    Sedikit Tentang Pengertian Jibab

    Sedikit Tentang Pengertian Jibab

    image

    Jilbab sebenarnya adalah pakaian panjang yang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah, atau bahasa simplenya Pengertian Jibab adalah Pakaian yang menutupi aurat kaum wanita.

    Hal ini mudah dipahami karena dengan seluruh tubuh tertutup kecuali muka dan telapak tangan, maka tidak akan mungkin ada laki-laki iseng yang tertarik untuk menggoda dan mencelakakannya selama ia tidak berperilaku yang berlebih-lebihan. Sehingga kejadian-kejadian seperti perkosaan, perzinaan, dsb dapat dihindarkan

    Menurut Muhammad Nashiruddin Al-Albany kriteria jilbab yang benar harus memiliki fungsi menutup seluruh badan, kecuali wajah dan dua telapak tangan. Selain itu fungsi jilbab haruslah bukan untuk perhiasan, tidak tipis dan tidak ketat (menampakkan bentuk tubuh), tidak diberi wewangian/parfum, tidak menyerupai pakaian kaum pria atau pakaian wanita-wanita non muslim dan tidak ditujukan sebagai pakaian untuk mencari popularitas.

     

    Dengan mengenakan jilbab yang menutup seluruh auratnya dan tidak membuka auratnya di sembarang tempat, maka seorang muslimah itu bagaikan sebuah batu permata yang terpajang di etalase yang tidak sembarang orang dapat mengambil dan memilikinya. Dan bukan seperti batu yang berserakan di jalan dimana setiap orang dapat dengan mudah mengambilnya, kemudian menikmatinya, lalu membuangnya kembali.

    Pengertian Jilbab di atas lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan Hijab, sementara Jilbab di tanah air kita lebih menjurus kepada pengertian Kerudung atau khumur, atau kain yang menutupi kepala, terutama rambut, telinga dan leher (kecuali wajah).

    Namun kita kesampingkan saja dulu arti dan pengertian Jilbab tersebut, karena kita kali ini akan membahas tentang cara menggunakan Jilbab Modern yang sudah ngetrend belakangan ini di Indonesia.

    Jilbab Modern atau Kerudung Modern, sebagaimana jilbab dan kerudung konvensional memiliki fungsi dan manfaat yang sama yaitu untuk menutupi aurat wajah perempuan, namun lebih mengedepankan estetika seni dan gaya sehingga terlihat lebih modis, trend dan menarik.

    Seorang yang ikhlas dalam menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya khususnya dalam mengenakan busana muslimah, Insya Allah ia akan selalu menyadari bahwa dia selalu membawa nama dan identitas Islam dalam kehidupannya sehari-hari, sehingga apabila suatu saat dia melakukan kekhilafan maka ia akan lebih mudah ingat kepada Allah dan kembali ke jalan yang diridhoiNya.

    sity julaiha

    sity julaiha

    Penampilan cermin dari kepribadian seseorang
    Full description

    Tutupilah auratmu...