Memahami Manfaat dan Keterbatasan Internet Marketing

    Axes Multimedia Indonesia
    By Axes Multimedia Indonesia

    Sungguh internet marketing menjadi fenomena yang sangat menarik! Banyak orang yang sebelumnya buta dengan internet marketing kini rajin menyambangi warnet, membaca-baca, mencoba dan akhirnya membuat sendiri model pemasaran yang bertujuan untuk memasarkan atau mempromosikan peroduk dan jasa mereka. Bahkan hingga ada yang menimbulkan ide untuk menyalahgunakan media internet tersebut sebagai alat untuk menipu, atau dikenal dengan fraud dan scam.

    Mereka membuat toko online palsu, dimana barang-barang yang ditampilkan dilabeli dengan harga yang miring dan sangat jauh dari harga pasaran, namun ketika pembeli telah mentransfer sejumlah uang, barang yang dipesan tidak pernah dikirim! Internet marketing sebenarnya merupakan konteks sebuah proses yang bertujuan untuk mengetahui minat konsumen, mengalokasikan produk atau jasa yang sesuai dengan minat pasar dan strategi bagaimana membuat orang tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

    Upaya pemasaran adalah hal wajib bagi mereka yang berbisnis dan jika diaplikasikan dengan tepat akan dapat meningkatkan pendapatan. Internet marketing atau biasa disebut online marketing atau e-marketing berbeda dengan seni pemasaran offline dan lebih efekti, cepat dan berbudget murah. Pemasaran internet yang baik harus ditunjang manajemen yang baik dan produktif, yaitu yang memahami betul kebutuhan konsumen akan produk dan jasa yang mereka tawarkan.

    Pengelola internet marketing yang handal dituntut untuk menguasai dan memahami tujuan, target pemasaran dan pemahaman tentang produk/jasa (product/service knowledge) sehingga mampu mengoptimalkan elemen tersebut dalam upaya pemasaran dengan formulasi yang jelas dan tepat. Banyak pengguna internet yang gagal dan berguguran bahkan sama sekali tidak berhasil menjaring konsumen yang berminat dengan produk atau jasa yang mereka tawarkan sehingga mereka kembali ke konsep pemasaran konvensional dan media internet marketing mereka terbengkalai begitu saja.

    Kehadiran internet marketing ditunjang oleh kemajuan tekhnologi a.l. mesin pencari (search engine), kolom iklan (space banner), email marketing, affiliate marketing, interactive ads, marketing blog dan viral marketing. Di Indonesia, teknik internet marketing penggunaannya masih terbatas dan ini merupakan tantangan bagi masyarakat kita untuk menggunakan internet dalam proses marketing sehingga proses marketing bisa lebih efisien dan efektif.

    Jika berbicara tentang Model Bisnis dari Internet Marketing, ada beragam a.l. e-commerce yaitu barang langsung dijual menggunakan internet, baik untuk konsumen (B2C) maupun untuk bisnis (B2B). Adapula publishing yang menggunakan internet untuk menampilkan produk dan jasa saja serta Ads dimana website menampilkan iklan dan transaksi dilakukan secara offline. Apa saja keuntungan yang ditawarkan internet marketing?

    Jika mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas, skala pasar via internet sangat luas, bahkan hingga jangkauan global. Seorang enterpreneur didaerah terpencil jika dapat mengaplikasikan internet marketing dengan baik akan memiliki peluang pembeli dari pangsa pasar luar negeri. Keuntungan lainnya adalah luasnya info yang dapat disampaikan dan konsumen memiliki gambaran jelas tentang sebuah prouk atau jasa secara langsung. Namun tetap saja ada keterbatasannya, a.l. tantangan untuk menjaga privasi yang bisa tersebar luas tanpa kendali, juga segi keamanan (security) yang seringkali membuat konsumen mundur terutama karena mereka yang sempat menjadi korban fraud dan scam. Kejahatan dengan media internet seperti carding, sniffing, dll membuat masyarakat Indonesia - hingga saat ini - merasa lebih aman jika bertansaksi dengan cara offline atau konvensial atau bertemu langsung.