Google ajak UKM sapa pelanggan di dunia maya

    ABC Club
    By ABC Club

    AKARTA. Internet menjadi media yang tak terelakkan di era teknologi komunikasi saat ini. Beragam bentuk informasi dan promosi kini sudah tersedia di internet. Untuk itu, Google Indonesia mengajak pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk ikut memanfaatkan internet sebagai media promosi.

    "Apabila UKM masuk ke ranah online, maka akan bermanfaat juga ke semua orang," kata Krishna Zulkarnain, Country Marketing Manager Google Indonesia di Jakarta, Rabu (23/1).

    Krishna bilang, artinya online (internet) akan menjadi media awal bagi masyarakat untuk mengetahui suatu produk. Misal, jika ada yang ingin membeli sepatu, pembelinya terlebih dahulu mencari informasi di internet, habis itu baru mendatangi penjualnya.

    "Kalau tidak masuk ke ranah online, maka konsumen tidak akan tahu produk-produk yang dijual oleh UKM itu. Sebab, konsumen sekarang akan mencari tahu dulu produknya di internet sebelum membelinya," jelas Krishna.

    Oleh sebab itu, Google Indonesia sekarang gencar melakukan edukasi kepada UKM di Indonesia. Untuk program ini, Google membuat sebuah grup Google Business Group (GBG), di mana saat ini sudah ada lebih dari 2.000 anggotanya yang menjadi pebisnis.

    Menurut Krishna, GBG itu seharusnya bisa menjadi salah satu wadah bagi para UKM untuk bergabung dan mendapatkan informasi. "Sekarang ini baru ada 80.000 UKM yang terdaftar online di Indonesia," tukasnya.

    Untuk program ini, Google akan berkomunikasi kepada pemerintah untuk memberikan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya internet bagi dunia bisnis, terutama UKM. [kontan]

    ABC Club

    ABC Club

    ABC Club