Pemerintah Indonesia Ajak Investor Timur Tengah dalam Proyek Infrastruktur

    ABC Club
    By ABC Club

    Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke tiga negara Afrika dan Arab Saudi selama sepekan untuk mengajak investor dari Timur Tengah untuk berinvestasi dalam proyek infrastruktur di Indonesia.

    "Kan pemerintah juga membuat target penciptaan satu juta lapangan pekerjaan baru. Itu membutuhkan investasi," tutur Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Firmanzah sesaat sebelum keberangkatan rombongan presiden, di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Rabu (30/1).

    Kunjungan kenegaraan Kepala Negara berlangsung sepekan, 30 Januari hingga 7 Februari 2013. Kunjungan diawali ke Monrovia, Liberia. Kemudian ke Nigeria dan Jeddah, Arab Saudi.

    Firmanzah menambahkan, kerja sama pemerintah dengan swasta (KPS) tetap diperlukan, meskipun anggaran belanja modal sudah meningkat.

    "Dalam rapat kabinet kemarin, arahan Presiden agar optimalisasi skema KPS itu bisa ditingkatkan. Itu hanya bisa kita lakukan kalau semakin banyak investor yang masuk ke Indonesia," tuturnya.

    Selain investasi di bidang infrastruktur, investasi untuk pembangunan kilang minyak di Indonesia juga menjadi perhatian. "Nigeria salah satu produsen minyak juga. Kalau kita lihat beberapa negara di Asean, Malaysia, Tiongkok itu aktif di Afrika."

    Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, beberapa pengusaha dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) juga diikutsertakan, untuk memperluas pasar ekspor nontradisional di negara-negara di Afrika.

    "Ada beberapa kerjasama, tapi detailnya di kementerian," pungkasnya. (Nurulia Juwita Sari/OL-10)

    ABC Club

    ABC Club

    ABC Club