Kadin Bali Dukung Penghapusan Pajak UKM

    ABC Club
    By ABC Club
    Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali mendukung usulan kebijakan pemerintah untuk menghapuskan pajak usaha mikro kecil dan menengah 9UMKM) karena dinilai akan merangsang tumbuhnya usaha baru. “Kami menyambut baik usulan tersebut, dan itu adalah salah satu bentuk keberpihakan pemerintah kepada usaha kecil,” kata Ketua Umum Kadin Bali Gde Sumarjaya Linggih di Denpasar, Sabtu (25/1).
     

    Oleh karena itu, usulan tersebut harus segera diberlakukan, jangan sampai hanya menjadi wacana yang tidak ada realisasinya.

    Sebab jika kebijakan itu diberlakukan maka pemerintah dinilai telah mampu mendorong usaha kecil melalui subsidi silang dari pajak. “Namun jika tidak diberlakukan maka akan terjadi ‘hukum rimba’ di mana usaha yang bermodal besar akan menghancurkan industri kecil,” ucapnya.

    Menurut Sumarjaya Linggih, ekonomi mikro seperti usaha kecil menengah (UKM) dan koperasi sangat membutuhkan penanganan khusus dari pemerintah. Dengan adanya rencana penghapusan pajak penghasilan (PPh) dan pajak pertambahan nilai (PPN), usaha kecil akan berkembang dengan pesat.

    “Ini positif karena dapat menambah pendapatan pengusah akecil. Dampaknya, perekonomian bisa berkembang pesat,” ujarnya.

    Dia menambahkan, kebijakan penghapusan PPN dan PPh itu juga bakal mempercepat laju perkembangan dunia usaha, karena pengusah amikro dapat segera naik kasta menjadi pengusaha yang lebih besar.

    Dilansir dari Neraca, (28/1).

    ABC Club

    ABC Club

    ABC Club