Kadin: Belajar Jaga Inflasi dari India

    ABC Club
    By ABC Club

    Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menganjurkan Indonesia belajar dari India, dalam hal menjaga laju inflasi. Untuk menahan laju inflasi, India melakukan kebijakan penetapan harga pangan dalam waktu setahun.

    "Indonesia harus seperti India, yaitu dengan mematok harga pangan dalam waktu setahun. Sehingga kalau terjadi goncangan tidak akan berpengaruh terhadap kenaikan inflasi," kata Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Daerah dan Bulog, Natsir Mansyur saat ditemui di Jakarta, Senin(28/1/2013).

    Menurut Natsir, apa yang sudah dilakukan oleh India sejauh ini sudah bisa membuahkan hasil, alhasil negara berpenduduk kedua terbesar di dunia tersebut mencatatkan pertumbuhan ekonomi cukup pesat. "Saya pikir kebutuhan pangan, sandang dan papan sudah bisa dilakukan. Indonesia kan terlalu bebas, jadi ketika terjadi goncangan sedikit, inflasi naik lagi," ujar Natsir.

    Menurut Natsir, terkait kebijakan tersebut pemerintah bisa berkoordinasi dengan pengusaha, untuk membuat aturannya. "Cost produksi tetap harus ada keseimbangan, ini yanga harus kita pikir betul," kata Natsir. [mel]

    ABC Club

    ABC Club

    ABC Club