Kadin optimis Indonesia bisa swasembada buah

    ABC Club
    By ABC Club

    Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menegaskan Indonesia mampu melakukan swasembada buah tanpa terus bergantung dengan impor. Kuncinya dengan inisiatif stimulus dari pemerintah untuk memberdayakan sektor ini.

    Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto mengatakan produksi buah dan sayur bukan sesuatu yang sulit. Dengan kontur dan iklim di Indonesia, untuk menggerakkan masyarakat menanam hanya diperlukan suatu dorongan seperti dana pinjaman atau keringanan pajak.

    "Siapa yang mau nanem tomat atau apa, berikan pinjaman, keringanan pajak setahun dua tahun. Jadi orang berbondong-bondong menanam itu," ujarnya saat ditemui di Hotel Four Season, Jakarta, Rabu (30/1).

    Selain itu, Pemerintah perlu mengembangkan investasi menuju sektor ini. Investasi infrastruktur pendukung juga diperlukan demi lancarnya kinerja sektor ini.

    "Katakan kita bisa nanem di Lembang, pas sampai di Jakarta separuh sudah rusak. Itu perlu juga mobil pendingin. Maka ada dong yang investasi di situ, masa tidak bisa," katanya. [arr/merdeka]

     

    ABC Club

    ABC Club

    ABC Club